Skripsi
HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran siswa kelas IV Sekolah Dasar, mengetahui respon guru dan respon siswa dan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik pada saat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.instrumen yang digunakan mealui observasi, angket, wawancara dan tes. Belajar berkaitan dengan prestasi hasil prestasi belajar siswa, hasil prestasi belajar siswa akan meningkat dengan suasana kelas yang menyenangkan. Menciptakan suasana kelas yang menyenangkan yaitu dengan penerapan model-model pembelajaran salah satunya model kooperatif teknik berkirim salam dan soal. Melalui model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal, siswa dapat melatih kemampuan untuk membuat pertanyaan sendiri dan menjawab pertanyaan yang telah dibuat oleh temannya, sehingga siswa akan lebih memahami materi yang diajarkan guru. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal akan dapat meningkatkan proses pembelajaran PPKn di sekolah menjadi lebih efektif, karena siswa dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang diraih pun menjadi lebih baik. Pembelajaran efektif merupakan tolok ukur keberhasilan guru dalam mengelola kelas.
Tidak tersedia versi lain