Skripsi
PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP BERHITUNG PADA MATERI PENJUMLAHAN SISWA KELAS I SD DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep berhitung penjumlahan matematika kelas I dengan menggunakan pendekatan RME. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pretest – posttest. Tujuan utama pembelajaran matematika di SD adalah agar siswa memiliki kamampuan menjumlahkan secara sederhana dan nyata bagi siswa kelas rendah. Instrument yang digunakan adalah lembar kerja siswa dan angket minat belajar. Tujuan utama pembelajaran matematika di SD adalah agar siswa memiliki kemampuan menjumlahkan secara sederhana dan nyata bagi siswa SD. Selain itu pula diharapkan siswa memiliki pemahaman konsep atas pelajaran yang ia pelajari dimana nantinya dapat dijadikan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari tentang hubungan bagian-bagian matematika, seperti kamapuan menganalisa dan menarik kesimpulan, serta memiliki sikap berfikir logis, kritis dan sistematis melalui pendekatan RME. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan RME efektif terhadap pemahaman dan minat pada materi penjumlahan.
Tidak tersedia versi lain