Skripsi
MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas belajar siswa dengan pendekatan RME pada materi Bangun Ruang; alasan penulis ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran matematika di sekolah dasar. Hal ini terjadi karena siswa tidak memahami konsep matematik yang mereka pelajari. Karena ketidakpahaman tersebut akhirnya berpengaruh pada aktivitas dan respon siswa yang semakin menuru sehingga hasil belajar siswapun menurun. Pelaksanaan pembelajaran matematika di Sekolah Dasar sekarang ini pada umumnya guru masih mendominasi kelas dengan metode mengajar yang konvensional dan siswa cenderung pasif. Guru mengajarkan konsep matematika dan siswa menerima bahan jadi. Lebih parah lagi, mereka tidak menyadari tujuan belajar yang sebenarnya. Pendekatan ini dipilih sebagai alternatif, karena pendekatan ini merupakan strategi pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa baik dalam individu maupun secara kelompok dengan menggunakan model-model nyata dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa dapat memahami materi yang sedang mereka pelajari secara cepat dan mendalam. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan beberapa istrumen yaitu, instrumen tes tulis, angket guru dan angket siswa. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri di Batujajar tahun ajaran 2019-2020. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) langkah-langkah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terdiri dari 5 komponen penting yaitu: menggunakan masalah kontekstual, menggunakan model-model dalam pemecahan masalah (matematis), menggunakan kontribusi siswa, proses pembelajaran yang interaktif, serta terkait dengan topik lainnya, sehingga dari langkah-langkah tersebut menunjukkan hasil penelitian dalam peningkatan kemampuan kreativitas belajar siswa di kelas V dengan menggunakan pendekatan RME termasuk ke dalam kriteria tinggi dan dianggap telah berhasil dengan presentasi yang meningkat dari sebelum dilakukan tindakan. Berdasarkan penelitian ini, maka peneliti merekomendasikan penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran Matematika.
Tidak tersedia versi lain