Skripsi
PEMAHAMAN TEMA 7 SUB TEMA 1 KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING PADA KELAS IV SD
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa pada saat menerima materi pembelajaran di kelas. Siswa cenderung menghafal materi atau teks tanpa memahami terlebih dahulu isi dari teks atau materi tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengimplementasikan skenario dan implementasi pemahaman konsep keragaman suku bangsa dan budaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing, (2) Melihat respon guru SD kelas IV terhadap pemahaman konsep keragaman suku bangsa dan budaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing, (3) Melihat respon siswa SD kelas IV terhadap pemahaman konsep keragaman suku bangsa dan budaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing, dan (4) Menemukan kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa SD Kelas IV dalam menyelesaikan tugas-tugas tentang pemahaman konsep keragaman suku bangsa dan budaya. Fokus penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cibabat Mandiri 1 yang berjumlah 34 siswa. berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing berpengaruh terhadap kemampuan memahami kegiatan pembelajaran, khususnya tema 7 subtema 1. Hal ini dibuktikan dengan hasil akhir siswa yang memperoleh rata-rata sebesar 81,2%. Dengan demikian, pemahaman tema 7 sub tema 1 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dapat dikatakan berhasil. Hal ini dikarenakan pembelajaran tersebut mendapatkan nilai di atas KKM.
Tidak tersedia versi lain