Skripsi
KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI MEDIA FLASHCARD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE MAKE A MATCH
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya siswa memahami materi makna simbol Pancasila dan penerapannya di kehidupan sehari-hari pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman siswa SD yang mendapat pembelajaran mealui media flashcard dengan menggunakan metoda Cooperative Make A Match dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalam deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, populasi yang diambil adalah seluruh siswa SD kelas IV di Kota Bandung. Adapun yang menjadi sampel dari penelitian ini adalah siswa sekolah dasar swasta di Kota Bandung kelas IV yang berjumlah 24 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal pilihan ganda sebanyak 10 soal. Analisis data dilakukan secara kualitatif, data tersebut diambil dari hasil Pre-test, lembar observasi, dan Post-test. Skenario dan implementasi kemampuan pemahaman siswa SD kelas IV pada mata pelajaran PKn melalui media flashcard dengan model cooperative make a match mengalami peningkatan, berdasarkan hasil observasi siswa dapat belajar lebih aktif. Respon guru dan siswa terhadap penerapan model cooperative make a match dengan menggunak media flashcard memiliki interpretasi baik. Kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal pre-test dan post-test kurang pahamnya siswa untuk mengklasifikasikan penerapan contoh sila-sila Pancasila dan kurangnya ketelitian dalam pengerjaan soal. Oleh karena itu model pembelajaran cooperative make a match dengan menggunakan media flashcard dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan.
Tidak tersedia versi lain