Skripsi
IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EKOLOGIS SISWA SEKOLAH DASAR
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan ekologis siswa SDN Cisintok kelas IV dengan berbasis media gambar serta implementasi model discovery learning. Peneliti menerapkan model discovery learning pada kelas IV diharapkan para siswa mendapatkan pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Adapun media gambar sangat dibutuhkan untuk para siswa agar pembelajaran lebih menarik dan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Metedologi yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek kelas IV SDN Cisintok, Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 30 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 1 siklus yang memiliki empat komponen yaitu perencanaan, tindakan,observasi dan refleksi. Penggunaan instrumen berbentuk lembar observasi, lembar angket, lembar wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik secara deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu dengan meningkatkan kecerdasan ekologis siswa dalam mengolah sampah yaitu 83 % siswa mencapai KKM yang ditetapkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dengan model discovery learning terbukti mampu meningkatkan kecerdasan ekologis siswa kelas IV SDN Cisintok Kabupaten Bandung Barat.
Tidak tersedia versi lain