Skripsi
ANALISIS BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN MATERI GAYA PADA SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran siswa dalam mata pelajaran IPA materi tentang gaya dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Pembelajaran ini melibatkan siswa agar mendapatkan pengalaman secara langsung dan siswapun tidak hanya menerima pembelajaran yang diberikan oleh gurunya dengan metode ceramah dan mendengarkan monoton itu saja, tetapi siswa mencari dan menemukan sendiri dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat mengaitkan materi yang sedang dipelajari dengan kehidupan nyata dalam sehari-hari yang akan lebih memudahkan siswa untuk memahami dan menguasai materi yang sedang dipelajari. Hasil penelitian dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) akan sangat membantu dalam menganalisi berpikir kreatif dalam pembelajaran materi gaya. Dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa SDN 1 Ciledug Kelas IV di salah satu SD Negeri di Kecamatan Ngamprah yang berjumlah 25 orang. Siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes soal dengan 10 soal isian. Soal instrumen yaitu soal pretes dan postes dan lembar angket guru dan siswa. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan tes yang bertujuan untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh seorang guru untuk memperbaiki kualitas pembelajaran IPA. Analisis pengolahan data menggunakan program Excel.
Tidak tersedia versi lain