Tesis
PENDEKATAN EKSPLORASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PENALARAN SERTA DISPOSISI MATEMATIK SISWA SMP BERDASARKAN TAHAP KOGNITIFNYA
Hasil penelitian ini adalah: 1. Presentase tahap kognitif siswa berdasarkan hasil tes TOLT 100% berada pada tahap konkrit. 2. Pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang mendapat pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan eksplorasi lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan saintifik ditinjau secara keseluruhan dan berdasarkan tahap kognitif siswa. 3. Pencapaian dan peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan eksplorasi lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan saintifik ditinjau secara keseluruhan dan berdasarkan tahap kognitif siswa. 4. Terdapat perbedaan secara signifikan disposisi matematik belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan eksplorasi lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan saintifik ditinjau secara keseluruhan dan berdasarkan tahap kognitif siswa. 5. Kesulitan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas berpikir kreatif matematik menunjukan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan.
Tidak tersedia versi lain