Skripsi
Pembelajaran menulis teks ulasan dengan menggunakan model STAD berbantuan powtoon pada siswa kelas VIII B di SMP Advent Cimindi
Nurjanah, S. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Ulasan dengan Menggunakan Model Student-Teams-Achievement Division (STAD) Berbantuan Powtoon pada Siswa Kelas VIII B di SMP Advent Cimindi Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran saat melakukan penelitian, yaitu: 1) siswa kelas VIII B SMP Cimindi belum memahami cara mengulas suatu jenis karya sastra dari segi strukturrndan kaidah kebahasaan. 2) kurangnya motivasi siswa terhadap pembelajaran menulis teks ulasan. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks ulasan siswa SMP kelas VIII B Cimindi tahun ajaran 2019/2020 dengan model Student Teams-Achievement Division (STAD) berbantuan powtoon? (2) bagaimana respon guru dan siswa SMP kelas VIII BrnCimindi tahun ajaran 2019/2020 terhadap pembelajaran menulis teks ulasan dengan menggunakan model Student Teams-Achievement Division (STAD) berbantuan powtoon?rn(3) kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa SMP Kelas VIII B Cimindi tahun ajaran 2019/2020 dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks ulasan?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Kelas VIII B di SMP Cimindi yang berjumlah 11 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling berdasarkan bimbingan dan arahan dari guru pamong. Berkaitan dengan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks ulasan siswa SMP kelas VIII B Cimindi tahun ajaran 2019/2020 dengan model Student Teams-Achievement Division (STAD) berbantuan powtoon. 2) mendeskripsikan respon guru dan siswa SMP kelas VIII B Cimindi tahun ajaranrn2019/2020 terhadap pembelajaran menulis teks ulasan dengan menggunakan model Student Teams-Achievement Division (STAD) berbantuan powtoon. 3) mengetahuirnkesulitan-kesulitan yang dialami siswa SMP Kelas VIII B Cimindi tahun ajaran 2019/2020 dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks ulasan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka untuk penyusunan skenario pembelajaran, observasi, tes, dan penyebaran angket. Teknik pengolahan data dilakukan secara kualitatif. Seluruh data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan Microsoft excel untukrnmendeskripsikan seberapa besar pemahaman siswa kelas VIII B SMP Cimindi terhadap materi menulis teks ulasan dengan menggunakan model Student Teams-AchievementrnDivision (STAD) berbantuan powtoon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks ulasan dengan menggunakan model Student TeamsAchievement Division (STAD) berbantuan powtoon efektif digunakan di kelas VIII B SMP Cimindi. Hal ini dibuktikan dari: 1) lembar observasi guru dan siswa yang mendapatkan persentase 100%, artinya dapat dikategorikan sangat baik. 2) lembar angketrnrespon guru dan siswa juga mendapatkan persentase 100%, yang artinya dapat dikategorikan sangat baik. (3) kesulitan yang dialami siswa SMP kelas VIII B Cimindirndalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks ulasan terdapat pada nomor 18 soal pengetahuan tentang maksud dari sebuah kalimat. Siswa yang yang menjawab benarrnhanya 15 orang dan 5 orang menjawab salah. Kemudian pada soal keterampilan (Esai), siswa kesulitan mengerjakan soal nomor 2 tentang sinopsis ulasan novel. Terdapat 11rnsiswa yang masuk kategori nilai tinggi dengan skor 75, kategori nilai sedang 7 siswa dengan skor 71,5, dan kategori nilai rendah 2 siswa dengan skor 60.
Tidak tersedia versi lain