Skripsi
penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP dengan model pembelajaran Quantum
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kreatif matematik yang dinilai masih sangat kurang. Salah satu alternatif pendekatan dan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk merangsang kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yaitu pendekatan kontekstual dan model pembelajaran Quantum. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP dengan pendekatan kontekstual dan model pembelajaran Quantum dibandingkan dengan yang menggunakan pendekatan biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen, dengan desain penelitiannya yaitu pretest dan postest. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi seluruh siswa kelas VII SMP di Kota Cimahi dipilih secara acak dan terpilihlah SMP PGRI IV Cimahi. Sampel diambil secararntidak acak yaitu kelas VII-B sebagai kelas kontrol, sedangkan kelas VII-C sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes sebanyak 6rnsoal uraian, kemudian data skor kemampuan berpikir kreatif matematik tersebut dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji perbedaan dua rata-rata denganrnmenggunakan software SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP yang menggunakan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran Quantum lebihrnbaik daripada yang menggunakan pendekatan biasa.
Tidak tersedia versi lain