Skripsi
Penerapan pendekatan open ended untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa SMP
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan komunikasi matematik siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan open ended dibandingkan yang menggunakan pembelajaran biasa, menelaah gambaran implementasi pendekatan open ended dikelas serta menelaah kesulitan-kesulitan apa yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan komunikasi matematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan open ended lebih baik daripada yang menggunakan pendekatan biasa, implementasi pembelajaran berjalan dengan cukup baik, kesulitan siswa pada umumnya terdapat pada indikator membuat konjektur, menyusun argumen, merumuskan definisi dan generalisasi dan indikator menjelaskan dan membuat pertanyaan tentang matematika yang telah dipelajari.
Tidak tersedia versi lain