Skripsi
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA SMP MENGGUNAKAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING
Penelitian ini di latar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif , dan dapat berimplikasi pada rendahnya prestasi siswa, diantara penyebab rendahnya pencapaian siswa dalam pembelajaran matematika adalah proses pembelajaran yang belum optimal. Pendekatan reciprocal teaching menjadi alternatif solusi dalam penelitian ini karena diharapkan akan mendukung langkah-langkah kemampuan berpikir kreatif dalam prosesrnpembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VII di kabupaten Bekasi, sedangkan sampelnya siswa kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan lima soal uraian kemampuan berpikir kreatif matematik, kemudian datarndari nilai yang diperoleh siswa pada akhir pembelajaran dianalisis dengan uji perbedaan dua rerata. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dengan taraf signifikan 0,05 maka kesimpulan yang dapat diambil dalam kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang menggunakan pendekatan reciprocal teaching lebih baik dari pada kemampuan berpikir kreatif matematik yang menggunakan pembelajaran biasa. Implementasi pembelajaranrndengan pendekatan reciprocal teaching sudah berjalan sebagaimana mestinya.
Tidak tersedia versi lain