Skripsi
“Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP di Kabupaten Sukabumi dengan Metode Permainan Kartu.
Salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemahaman matematik pada siswa adalah masih banyaknya siswa yang menghapal konsep daripada proses pemahaman masalah. Kenyataan dilapangan juga menunjukkan banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika karena dianggap sebagai mata pelajaran yang paling sulit dan menakutkan. Berawal dari permasalahan itu perlu adanya suatu perubahan paradigma tentang matematika dan metode pembelajaran untuk peningkatan kemampuan pemahaman masalah. Salah satu metode yang diharapkan dapat menyelesaikan masalah tersebut adalah permainan kartu dengan pendekatan kontekstual. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode permainan kartu melalui pendekatan kontekstualrnlebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran biasa, dan implementasi pembelajaran dengan menggunakan permainan kartu lebih mudah diserap dan cepat dipahami oleh siswa. Metode yangrndipergunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Metode ini subjeknya dikelompokkan secara acak kelas diambil dari dua kelas yang berbeda. Desain ini digunakan karena penelitian ini menggunakan kontrol adanya dua perlakuan yang berbeda dan pengambilan sampel dipilih secara acak. dengan adanya manipulasi perlakuan, kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen penelitian ini meliputi: Analisis Validitas Butir Soal, Analisis Reliabilitas Tes, Analisis Daya Pembeda dan Analisis tingkat kesukaran. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh SMPrnNegeri di Sukabumi, sedangkan sampelnya yaitu siswa kelas VII disuatu SMP Negeri di Sukabumi. Setelah dilakukan pengolahan data, secara deskriptif statistik didapat nilai rata-rata ngain kelas eksperimen 3,123 sedangkan nilai rata-rata n-gain kelas kontrol adalah 3,047, dan menghasilkan kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa SMP yang memperoleh pembelajaran dengan metode permainan kartu melalui pendekatan kontekstual lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran biasa.rnrnKata kunci : Pemahaman Matematik, Metode Permainan Kartu
Tidak tersedia versi lain