Skripsi
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa SMP terhadap mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah/mengkaji peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan Pendekatan Kontekstual melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing dengan yang menggunakan pembelajaran biasa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Adapun desain penelitian ini seluruh siswa SMPN di Sindangkerta, sedangkan sampel penelitiannya yaitu kelas IX yang dipilih secara acak yaitu kelas IX-B sebagairnkelas eksperimen dan Kelas IX-A sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pendekatan Kontekstual melalui model pembelajaran Snowball Throwing sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran biasa. Instrumen dalam penelitian ini adalah lima soal tes kemampuan koneksi berbentuk uraian.. Berdasarkan hasi penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Kontekstual melalui model pembelajaran Snowball Throwing lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa.
Tidak tersedia versi lain