Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA SMP
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP yang pembelajarannya menggunakanmetode discovery learning lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa, serta implementasi langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metode discovery learning di lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pada awal pertemuan dilakukan tes kemampuan awal dan pada pertemuan terakhir diberikan postes, baik di kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasrnVII SMP Negeri di Kabupaten Bandung, sedangkan sampelnya dipilih dua kelas secara acak di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bandung, yaitu kelas VII-Irnsebagai kelas kontrol dan kelas VII-J sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data skor kemampuan awal berupa tes uraian dengan materi bilangan sebagairnmateri prasyarat, sedangkan postes berupa soal kemampuan berpikir kreatif berbentuk uraian. Kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan softwarernSPSS Statistic versi 16. Berdasarkan hasil penelitian, baik dari hasil analisis maupun pengujian hipotesis, maka penulis menyimpulkan bahwa kemampuanrnberpikir kreatif matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan metode discovery learning lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa.rnSerta implementasi pembelajaran dengan metode discovery learning dapat terlaksana sebagaimana mestinya, sesuai dengan langkah-langkah pembelajaranrnyang telah disiapkan sebelumnya.
Tidak tersedia versi lain