Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BATUJAJAR TAHUN AJARAN 2016/2017
Keterampilan menulis teks prosedur komplek pada siswa kelas XI SMAN 1 Batujajar masih kurang. Dalam kegiatan belajar mengajar pembelajaran menulis teks prosedur komplek masih banyak dijumpai kesulitan. Hal tersebut terlihat dari hasil karya siswa pada tes awal pembelajaran menulis teks prosedur komplek bagi siswa dinilai sangat membosankan,karena mereka kesulitan menuangkan ide dan pemilihan kosakata yang tepat dan mengetahui bagian dari struktur pembangun teks prosedur komplek. Oleh karena itu peneliti mengangkat judul “Pembelajaran menulis teks prosedur komplek dengan menggunakan metode Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas XI IPA 2 di SMAN 1 Batujajar “.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1)Aktivitas siswa dan guru dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Komplek dengan Menggunakan ModelThink Talk Write(TTW)Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Batujajar, 2)Respon siswa dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Komplek dengan Menggunakan Model Think Talk Write(TTW)Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Batujajar, 3)Perbedaan yang signifikan antara hasil Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Komplek dengan Menggunakan Model Think Talk Write(TTW)Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Batujajar. Penelitian ini menggunakan metode trueexperimental design dan design penelitiannya adalah one group preetet-postestdesignyang menyajikan perkembangan kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur komplek dengan metode Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Batujajar. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes yang terdiri dari lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pembelajaran menulis teks prosedur komplek dapat diterapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan menulis teks prosedur komplek pada siswa kelas XI IPA 2 SMAN 2 Batujajar, selain itu tampak pada kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan aktivitas dan respon siswa.
Tidak tersedia versi lain