Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS X SMAN 1 PEDES TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang menganggap bahwa menulis merupakan sesuatu yang sulit dipelajari. Hal ini berdampak pula pada kegiatan menulis teks eksposisi yang dianggap sebagai kegiatan yang sulit dan membosankan. Oleh karena itu, dituntut kreativitas yang tinggi dari pengajar untuk terus mencari teknik dan metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi adalah pendekatan kontekstual. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: bagaimana perencanaan pembelajaran menulis teks eksposisi denganrnmenggunakan pendekatan kontekstual di kelas X SMA Negeri 1 Pedes ? dan bagaimana pelaksanaan dalam menulis teks eksposisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual dirnkelas X SMA Negeri 1 Pedes ? dan apakah siswa mampu meningkat dalam menulis teks eksposisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual di kelas X SMA Negeri 1 Pedes ?rnMetode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pedes Tahun Ajaran 2014/2015.rnAdapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar tes awal dan tes akhir. Hasil penelitian rata rata skor tes awal menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas X 2rnsebelum menggunakan pendekatan kontekstual adalah 47, sedangkan setelah menggunakan pendekatan kontekstual menjadi 72. Sehingga hasil belajar siswa menggunakan pendekatanrnkontekstual lebih baik dari sebelumnya.
Tidak tersedia versi lain