Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) PADA SISWA KELAS XI DI MA NURUL FALAH CIMAHI TAHUN AJARAN 2016/2017
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam menulis, sehingga nilai menulis cerpen rata-rata dibawah KKM. Selama ini proses belajar yang dilakukan oleh guru adalah pendekatan pembelajaran konvensional atau tradisional, yaitu pendekatan pembelajaran ceramah dengan cara komunikasi satu arah. Kebanyakan siswa beranggapan bahawa selama ini proses belajar mengajarrnyang diterapkan oleh guru di kelas masih kurang memuaskan dan membuat siswa mengantuk. Pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan metodernpembelajaran berbasis proyek diharapkan dapat mengatasi permasalahan siswa dalam pembelajaran menulis cerpen. Penelitian ini bertujuan untukrnmendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, untuk mengetahui perbedaan menulis cerpen serta respon siswa terhadap pembelajaran keterampilan menulis cerpenrndengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas XI di MA Nurul Falah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoderneksperimen kuasi atau Quasi Experimental Design dengan desain Noneguivalent Contril Grup Design, yaitu kelompok eksperimen maupun kelompok kontrolrntidak dipilih secara random. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Nurul Falah Cimahi dengan sampel dua kelas yang berjumlah 50rnsiswa. Berdasarkan hasil perhitungan tes awal dan tes akhir pada kedua kelas tersebut diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen sebesar 81,20rnsedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai akhir sebesar 65,50. Uji hipotesis perhitungan Manwhitney diperoleh hasil 0,000 hal ini berarti H0 ditolakrnmenulis cepen menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek.
Tidak tersedia versi lain