Skripsi
Penerapan pendekatan heuristik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematik dan self regulated learning siswa SMP
Kemampuan berpikir kritis matematik dan self regulated learning merupakan kemampuan yang sangat penting bagi siswa, akan tetapi di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan tersebut masih rendah. Oleh karena itu proses pembelajaran yang diberikan guru harus menekankan pada proses berpikir. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengembangkan hal tersebut adalah pendekatan heuristik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik dan self regulated learning siswa dengan menggunakan pendekatan heuristik dibandingkakan dengan yang menggunakan pendekatan biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik dan self regulated learning menggunakan pendekatan heuristik lebih baik daripada menggunakan pembelajaran biasa. Adapaun kesulitan siswa saat menyelesaikan soal perlu mendapatkan penjelasan lebih lanjut.
Tidak tersedia versi lain