Text
Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning Berbantuan Lifeworksheets Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Kelas VII
Penelitian ini membahas mengenai pengembangan bahan ajar berbantuan lifeworksheet terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk meneliti proses pengembangan LKPD, kelayakan LKPD, Efektifitas LKPD, dan kendala-kendala yang ditemui saat pengembangan LKPD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Development)dengan model penelitian 4-B (Defini, Desain, Development, Disseminate). Pada penelitian pengembangan ini, subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-D dan VII-E SMPN 16 Cimahi, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, angket respon guru dan peserta didik, dan hasil tes belajar berupa tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil yang diperoleh adalah proses pengembanganLKPD terlaksana dengan baik sesuai dengan model 4-D. LKPD yang dikembangkan layak digunakan dengan persentase 69% dan persentase kepraktisan sebesar 88% dengan kategori layak dan sangat praktis. Keefektipan LKPD ditunjukan dengan hasil persentase 79,1% dengan kategori Efektif" sehingga dapat disimpulakan LKPD yang dikembangkan dikatakan efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah. Kendala yang ditemui pada saat pengembangan LKPD yaitu masalah internal dan eksternal yang terjadi saat proses penelitian dan pengembangan. simpulan penelitian ini adalah LKPD menggunakan pendekatan problwm based learning berbantuan lifeworksheets layak dan efektif digunakan pada pembelajaran materi aritmatika sosial saran penelitian selanjutnya adalah memperbaiki tata bahasa dan pemilihan kata yang mudah dipahami, memperbaiki tampilan desain dan memperluas kembali baik dari segi materi maupun media pendukung."
Tidak tersedia versi lain