Skripsi
Penerapan pendekatan open ended untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa MTS
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian, peningkatan , langkah-langkah implementasi serta kesulitan-kesulitan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa MTS yang pembelajarannya menggunakan pendekatan open ended lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa. Penelitian ini dilakukan melalui metode kuasi eksperimen. Data pretes dan postetst kemampuan pemecahan masalah matematik tersebut dianalisis menggunakan software SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa MTS yang menggunakan pendekatan open ended lebih baik daripada pembelajaran biasa. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open ended dapat diimplementasikan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang sudah disiapkan sebelumnya. Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam mengerjakan soal pemecahan masalah terdapat pada indikator menempatkan strategi untuk menyelesaikan berbagai masalah.
Tidak tersedia versi lain