Skripsi
PEMBELAJARAN SENI MENGGAMBAR BEBAS DALAM RANGKA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 4-5 TAHUN
Penelitian ini dilatar belakangi ketika pembelajaran berlangsung, pendidik dalam mengembangkan kreativitas anak dirasa masih sangat kurang. Oleh karena itu diperlukan suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas tersebut. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran menggambar bebas dalam rangka meningkatkan kreativitas anak. Pada pelaksanaan kegiatan menggambar bebas, anak dapat menunjukkan kesungguhannya dalam menggambar sehingga menumbuhkan pola pikir yang berbeda dan menumbuhkan jiwa kreatif pada diri anak. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga orang peserta didik yang dipilih secara acak. Analisis data meliputi aktivitas reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran menggambar bebas dapat meningkatkan kreativitas anak pada umumnya, dengan perubahan yang berbeda dibandingkan dengan sebelumnya, hasil yang berarti ditandai oleh indikator kreativitas seperti rasa ingin tahu, yang mana anak aktif untuk bertanya, menyelidiki, dan mengamati sebuah bentuk miniatur rumah. Pada indikator imajinasi, anak sudah dapat membentuk rumah dengan menggabungkan garis tegak, datar, lengkung, dan menambahkan bagian yang ada di rumah seperti pintu, jendela, serta variasi yang lainnya seperti pohon dan jalan. Pada indikator inovatif, anak sudah dapat memadukkan warna sehingga warna yang dihasilkan menjadi beragam.
Tidak tersedia versi lain