Skripsi
LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN KELOMPOK TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi, respon siswa dan kendala-kendala yang dialami siswa pada saat melaksanakan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Kelompok terhadap Penyesuaian Diri Siswa di Sekolah Menengah Atas. Beberapa siswa menunjukkan gejala penyesuaian diri yang rendah, hal itu ditunjukan dengan perilaku-perilaku diantaranya: Siswa merasa kesulitan mengikuti mata pelajaran yang diberikan, siswa kurang semangat mengikuti pelajaran, merasa kesulitan konsentrasi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, menyalin tugas teman, kurang percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya, sering merasa cemas bila ada ulangan dan siswa kurang memiliki rasa percaya diri serta sering khawatir kalau mendapat giliran maju. Landasan Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: Konsep Layanan Bimbingan Kelompok, Konsep Teknik Permainan Kelompok dan Konsep Penyesuaian Diri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif Kualitatif, alasan menggunakan jenis penelitian deskriptif ini karena dalam metode kualitatif ini adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 25 Garut yang berjumlah 8 orang, Kepala Sekolah, 1 Guru BK dan Wali Kelas X MIPA 2. Implementasi langkah pelaksanaan, siswa benar-benar melaksanakan rencana mengatasi masalah penyesuaian diri yang rendah.rnKejelasan dan pembuktian kebenaran selama proses pelaksanaan perlu dilakukan oleh siswa. Di akhir, siswa memeriksa hasil dan argumen dari pelaksanan rencana. Respon siswa dalam penelitian ini, teknik permainan kelompok dapat menjadi suatu solusi bagi siswa yang mengalami kesulitan penyesuaian diri. Kendalakendala yang dihadapi dalam melaksanakan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik permaianan kelompok terhadap penyesuaian diri yaitu sukar untuk memilih anak-anak yang betul-betul berwatak cemerlang, memerlukan waktu cukup panjang, memerlukan persiapan yang teliti dan matang, kadangkadang siswa keberatan melakukan peranan yang diberikan karena alasan psikologis seperti malu dan tidak percaya diri. Namun berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa 8 respon siswa terhadap pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan kelompok terhadap penyesuaian diri memiliki rnpengaruh positif, hal tersebut dapat terlihat dari respon siswa yang merasa senang dan bahagia setelah mengikuti layanan ini walaupun pada awalnya penyesuaian diri mereka rendah.rn
Tidak tersedia versi lain