Skripsi
PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIER PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 1 GARUT
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah konsep pembelajaran, persamaan dan perbedaan, serta relevansi atau penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PAIKEM. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Qualitatif Research/Library Research) yang bertujuan untuk mencari dan mengumpulkan data, menyusun, menggunakan serta menafsirkan data yang sudah ada. Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pustaka.. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan adalah metode analisis data diantaranya adalah metode deskriptif analitis dan metode komparatif. Konsep penerapan pendekatan PAIKEM pada skripsi yang berjudul Penerapan PAIKEM Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Memahami Perkalian Bilangan dan Wujud Benda di Kelas II SDN 3 Ciharashas (Tema Bermain di Lingkunganku, Subtema Bermain di Rumah Teman, Pembelajaran 3). Tahun 2016, Penerapan Model PAIKEM Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sifat – sifat Simetri Bangun Datar Di Kelas V SD Negeri 15 Baruga Kendari. Tahun 2018, dan Pengaruh Strategi PAIKEM Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs. NURUSSALAMAH MONTONG ARE TAHUN PELAJARAN 2016/2017 sudah sesuai dengan implementasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa secara signifikan setelah diterapkannya pendekatan PAIKEM pada proses pembelajaran. Persamaan yang ada pada penelitian yang dilakukan oleh penulis pada ketiga skripsi tersebut terletak pada penggunaan startegi pembelajaran yang digunakan yaitu PAIKEM dan materi yang dibahas pada ketiga skripsi tersebut berkaitan dengan mata pelajaran matematika. Sedangkan perbedaannya terletak pada metode penelitian yang digunakan serta subjek penelitian. Relevansi penerapan pada ketiga skripsi tersebut terlihat ada keterkaitan PAIKEM dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan data hasil penerapan pembelajaran PAIKEM pada ketiga skripsi tersebut. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendekatan PAIKEM dapat digunakan untuk mata pelajaran matematika yang ditulis dalam judul Penerapan Pendekatan PAIKEM Untuk Siswa Kelas II SD Untuk Mengukur Pemahaman Siswa Pada Materi Perbandingan Panjang Benda.
Tidak tersedia versi lain