Skripsi
PENERAPAN METODE KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 CILAWU
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi, respon guru serta kendala – kendala rnyang di alami siswa pada saat dalam melaksanakan penerapan konseling behavioral dengan rnteknik self-management terhadap disiplin belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Cilawu.rnMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif Kualitatif. Oleh rnkarena itu, penelitian ini ditekankan pada memberikan gambaran secara objektif tentang rnkeadaan sebenarnya dari obyek yang diselidiki. Lima belas siswa yang diambil dari kelas rnVIII SMP N 1 Cilawu. Kelima belas siswa tersebut di atas berdasarkan rekomendasi dari BK rnyang terdiri dari lima siswa laki – laki dan sepuluh siswa perempuan. Hasil penelitian rndiperoleh implementasi Kondisi motivasi siswa untuk disiplin belajar semakin membaik dan rnkompetitif, dikarenakan penanganan yang diberikan oleh Guru BK melalui serangkaian rnpelayanan. Salah satunya adalah program konseling behavioral dengan teknik selfmanagement. Respon siswa setelah melaksanakan konseling behavioral dengan teknik selfmanagement menunjukkan bahwa strategi self-management dapat meningkatkan kedisiplinan rnbelajar. Hal ini terjadi karena adanya pengembangan perilaku yang lebih adaptif dari klien.rnKendala – kendala yang dihadapi siswa adalah Kurangnya motivasi dan komitmen pada rnindividu, Lingkungan sekitar dan keadaan diri individu di masa mendatang sering tidak dapat rndiatur dan diprediksikan dan bersifat kompleks.
Tidak tersedia versi lain