Skripsi
LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI MELALUI TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP denganrnlayanan bimbingan pribadi melalui teknik psikodrama. Pendekatan penelitian rnyang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan rnadalah metode deskripsi dengan teknik pengumpulan data triangulasi. Hasil rnpenelitian menunjukkan: (1) implementasi layanan bimbingan pribadi melalui rnteknik psikodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa, dapat rnmeningkatkan kepercayaan diri dengan tiga tahapan, tahap persipan, tahap rnpelaksaan dan tahap diskusi ; (2) Respon guru dan siswa positif terhadap layanan rnbimbingan pribadi melalui teknik psikodrama untuk meningkatkan kepercayaan rndiri siswa dengan ditunjukkan melalui keaktifan dalam emngikuti layanan rnbimbingan pribadi, dan (3) kendala yang dihadapi guru dari layanan bimbingan rnpribadi melalui teknik psikodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri siswarnyaitu pada waktu dan respon siswa yang kurang optimal. Rekomendasi penelitian rnditujukan kepada (1) siswa, yaitu Layanan bimbingan pribadi dengan teknik rnpsikodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa, dapat diaplikasikan oleh rnsiswa dari yang kepercayaan dirinya menurun atau hanya pada indikator tertentu rnsaja, menjadi kpercayaan diri tinggi pada setiap indikator kepercayaan diri; (2)rnGuru BK disarankan bagi pihak sekolah memberikan atau menerapkan layanan rnbimbingan pribadi melalui teknik psikodrama dari yang keprcayaanan dirinya rnrendah menjadi kepercayaan dirinya tinggi; dan (3) peneliti lain dapat rnmengembangkan penelitian dengan berangkat dari keterbatasan pada penelitian rnini, yaitu sampel, metode, dan instrumen.
Tidak tersedia versi lain