➤

E-Library

  • Beranda
  • Informasi
  • Profil PT
  • Pustakawan
  • Login/Daftar
    Login Anggota Daftar Online Login Admin Absen
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF SERTA DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SOAL OPEN-ENDED

Tesis

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF SERTA DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SOAL OPEN-ENDED

AMELIA KRISNA PUSPOWATI - Nama Orang;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

KKomM, KBKrM, dan DpM penting dimiliki siswa karena berkaitan dengan kompetensi yang harus dimiliki siswa yaitu proses berpikir tingkat tinggi. Namun kenyataan di lapangan menunjukan KKomM, KBKrM, dan DpM siswa belum optimal, hal ini peneliti amati pada proses pembelajaran sehari-hari. Adanya ketimpangan antara pentingnya KKomM, KBKrM, dan DpM dengan kenyataan di lapangan, sehingga diperlukan solusi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu solusi alternatif yang diajukan yaitu penggunaan pendekatan PBL-OE. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran tentang: (1) peningkatan KKomM siswa antara yang pembelajarannya menggunakan PBL-OE dan yang menggunakan PBL; (2) peningkatan KBKrM siswa antara yang pembelajarannya menggunakan PBL-OE dan yang menggunakan PBL; (3) DpM siswa antara yang pembelajarannya menggunakan PBL-OE dan yang menggunakan PBL; (4) asosiasi antara KKomM dan KBKrM, KKomM dan DpM, serta KBKrM dan DpM; dan (5) gambaran kinerja siswa dalam implementasi PBL-OE dan PBL, serta kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal – soal KKomM dan KBKrM. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretes-postes kontrol grup disain. Sampel penelitian diambil secara acak kelas, diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen1 dan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen2. Kelas eksperimen1 diberikan pendekatan PBL-OE, sedangkan kelas eksperimen2 diberikan pendekatan PBL. Instrumen penelitian ini terdiri dari satu set tes KKomM berbentuk 5 soal uraian, satu set tes KBKrM berbentuk 5 soal uraian, dan skala DpM sebanyak 30 pernyataan. Berdasarkan hasil dan pembahasan, kesimpulan dari penelitian ini yaitu : (1) pencapaian KKomM siswa siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan PBL-OE lebih baik daripada yang menggunakan PBL; (2) peningkatan KBKrM siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan PBL-OE lebih baik daripada yang menggunakan pendekatan PBL; (3) DpM siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan PBL-OE tidak lebih baik daripada yang menggunakan pendekatan PBL; (4) tidak terdapat asosiasi antara KKomM dan KBKrM, terdapat asosiasi antara KKomM dan DpM pada kategori sedang, dan tidak terdapat asosiasi antara KBKrM dan DpM; serta (5) secara keseluruhan siswa terlihat aktif dalam PBL-OE dan kinerja siswa dalam mengerjakan soal KKomM dan KBKrM terlihat baik, meskipun masih ada yang menemui kesulitan di beberapa indikator.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi Belum memasukkan lokasi
IKS2414944
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
500 T PUS m
Penerbit
Cimahi : STKIP SILIWANGI BANDUNG., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
8/1/2019
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Publish
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
https://perpustakaan.ikipsiliwangi.ac.id/
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar


    OPAC LLDIKTI Wilayah 4
    Online Public Access Catalog

    Informasi Lainnya


    Website LLDIKTI Wilayah 4 Informasi Perpustakaan Login Anggota OJS LLDIKTI 4 Pustakawan

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Statistik Pengunjung Web

Seluruh: 2278899

© 2023 — Perpustakaan LLDIKTI Wilayah 4

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Buku
  • Jurnal
  • Majalah
  • Prosiding
  • Skripsi
  • Browse By Color
  • Coming Soon
Icons made by Freepik
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?