Text
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII A DI SMP ADVENT CIMINDI TAHUN AJARAN 2019/2020
Kristiani, E. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Ulasan dengan Menggunakan Model Student-Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Audio Visual pada Siswa Kelas VIII A di SMP Advent Cimindi Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran saat melakukan penelitian, yaitu: 1) siswa belum memahami struktur dan kaidah kebahasaan teks ulasan, 2) perlunya inovasi model pembelajaran mengulas teks ulasan. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks ulasan siswa SMP kelas VIII A Cimindi tahun ajaran 2019/2020 dengan model Student Teams-Achievement Division (STAD) berbantuan audio visual? (2) bagaimana respon guru dan siswa SMP kelas VIII A Cimindi tahun ajaran 2019/2020 terhadap pembelajaran menulis teks ulasan dengan menggunakan model Student TeamsAchievement Division (STAD) berbantuan audio visual? (3) kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa SMP Kelas VIII A Cimindi tahun ajaran 2019/2020 dalam menyelesaikanrntugas-tugas menulis teks ulasan?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Kelas VIII A di SMP Cimindirnyang berjumlah 10 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Berkaitan dengan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan skenario danrnimplementasi pembelajaran menulis teks ulasan siswa SMP kelas VIII A Cimindi tahun ajaran 2019/2020 dengan model Student Teams-Achievement Division (STAD)rnberbantuan audio visual. 2) mendeskripsikan respon guru dan siswa SMP kelas VIII A Cimindi tahun ajaran 2019/2020 terhadap pembelajaran menulis teks ulasan denganrnmenggunakan model Student Teams-Achievement Division (STAD) berbantuan audio visual. 3) mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan tugastugas menulis teks ulasan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka untuk penyusunan skenario pembelajaran, observasi, tes, dan penyebaran angket. Teknik pengolahan data dilakukan secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telahrndilakukan di kelas VIII A SMP Cimindi, dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks ulasan dengan menggunakan model StudentrnTeams-Achievement Division (STAD) berbantuan audio visual mendapatkan persentase yaitu 100%, yang artinya dapat dikategorikan sangat baik. (2) Respon guru dan siswarnpada pembelajaran menulis teks ulasan dengan menggunakan model Student TeamsAchievement Division (STAD) berbantuan audio visual juga mendapatkan persentase 100%, yang artinya dapat dikategorikan sangat baik. (3) Kesulitan siswa dalam mengerjakan soal teks ulasan terdapat pada identitas karya di bagian teks uraian (keterampilan). Hasil siswa mengerjakan soal teks ulasan dibagi menjadi 3 kelompok,rnyaitu 1) Kategori kelompok nilai tinggi, 2) Kategori kelompok nilai sedang, dan 3) Kategori kelompok nilai rendah. Kategori kelompok nilai tinggi terdapat 12 siswa dengan skor 75, yang artinya sudah memenuhi KKM di sekolah tersebut. KKM untuk kelas VIII yang ditetapkan adalah 73. 2) Kategori kelompok nilai sedang, terdapat 5 siswa dengan skor 71, dan 3) Kategori kelompok nilai rendah ada 3 siswa dengan skor 60. Berdasarkanrnuraian diatas, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran menulis teks ulasan menggunakan model STAD berbantuan audio visual efektif digunakan di kelasrnVIII A di SMP Advent Cimindi.
Tidak tersedia versi lain