Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA POWTOON PADA SISWA KELAS X
Pembelajaran merupakan proses membelajarkan peserta didik untuk mendapatkan pengalaman belajar dan mencapai tujuan-tujuan belajar yang efektif dan efesien. Upaya tersebut dilakukan agar mencapai hasil berupa memori, kognisi, dan metakognisi yang berpengaruh terhadap pemahaman. Adapun rumusan masalah yang peneliti bahas yaitu: (1) Bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks biografi dengan menggunakan model pembalajaran berbasis masalah berbantuan media powtoon pada siswa kelas X SMKN 1 Cisarua? (2) Bagaimana respon guru dan siswa terhadap pembelajaran menulis teks biografi dengan menggunakan model pembalajaran berbasis masalah berbantuan media powtoon pada siswa kelas X SMKN 1 Cisarua? (3) Kesulitankesulitan yang dialami siswa kelas X dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks biografi dengan menggunakna model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media powtoon pada siswa kelas X SMKN 1 Cisarua? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMKN 1 Cisarua kelas tahun ajaran 2019/2020 pada kelas X PH 4 yang berjumlah 30 orang. Pertemuan yang dilakukan sebanyak 3 kali. Berdasarkan rumusan masalah yang ada, hasil dari rumusan masalah pertama yang ditemukan di lapangan bahwa 83,5% untuk lembar obvservasi guru dengan kategori tinggi dan 78,8% untuk lembar observasi siswa dengan kategori tinggi sehingga skenario pembelajaran berjalan dengan baik. Kemudian pada rumusan masalah kedua mengenai respon guru dan siswa terhadap pembelajaran menulis teks biografi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media powtoon sangat baik dengan presentase berikut. Hasil akhir dari skor yang diperoleh yaitu 85,3% untuk angket siswa dengan kategori sangat tinggi dan 90% untuk anget guru dengan kategori sangat tinggi sehingga respon terhadap pelaksanaan pembelajaran sangat baik. Rumusan masalah ketiga mengenai kesulitan-kesulitan berdasarkan nilai kognitif yang diperoleh rata-rata siswa kesulitan dalam menentukan kaidah kebahasaan teks biografi dan isi teks biografi. Selain itu, adapun siswa yang kesulitan menyusun secara kronologis dalam menentukan struktur teks biografi. Model yang digunakan sudah efektif dalam pembelajaran teks biografi karena dalam proses pembelajaran menjadikan siswa untuk lebih aktif dan inovatif. Selain itu, media powtoon juga sangat membantu dalam penyampaian materi yang menjadikan pembelajaran lebih menarik
Tidak tersedia versi lain