Text
Pembelajaran menulis teks persuasif menggunakan model cooperative decision making berbantuan media iklan layanan masyarakat pda siswa kelas VIII di SMP Assalaam Bandung tahun Ajaran 2019 / 2020
Pembelajaran Menulis Teks Persuasif dengan Menggunakan Model Cooperative rnDecision Making berbantuan Media Iklan Layanan Masyarakat Pada Siswa Kelas VIII SMP Assalaam rnBandungâ€. Menulis adalah kegiatan melahirkan pikiran dan perasaan dengan tulisan. Adapun rnpermasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran rnmenulis teks persuasi siswa kelas VIII di SMP Assalam Bandung menggunakan model Cooperative rnDecision Making berbantuan Media Iklan Layanan Masyarakat? (2) Bagaimana respon guru dan rnsiswa kelas VIII di SMP Assalam Bandung terhadap pembelajaran menulis teks persuasi rnmenggunakan model Cooperative Decision Making berbantuan Media Iklan Layanan Masyarakat? (3) rnKesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa kelas VIII di Assalaam Bandung dalam menyelesaikan rntugas-tugas menulis teks persuasi? Adapun tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui skenario dan rnimplementasi pembelajaran menulis teks persuasi siswa kelas VIII di SMP Assalam Bandung rnmenggunakan model Cooperative Decision Making berbantuan Media Iklan Layanan Masyarakat. (2) rnuntuk mengetahui respon guru dan siswa kelas VIII di SMP Assalam Bandung terhadap pembelajaran rnmenulis teks persuasi menggunakan model Cooperative Decision Making berbantuan Media Iklan rnLayanan Masyarakat. (3) untuk mengetahui kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa kelas VIII di rnAssalaam Bandung dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks persuasi. Metode penelitian yang rndigunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu meneliti pada suatu kondisi rnobjek alamiah (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah instrumen kunci. Subjek rnpenelitian ini adalah kelas VIII 3 SMP Assalam Bandung yang berjumlah 31 siswa. Data hasil rnpenelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes awal sebelum pembelajaran dan tes akhir rnsetelah melakukan proses pembelajaran dengan soal yang sama. Hasil penelitian yang diperoleh ratarata nilai tes awal sebesar 41,32 dan rata rata nilai tes akhir sebesar 74,87, sehingga terjadi rnpeningkatan setelah menggunakan model Cooperative Decision Making berbantuan media Iklan rnLayanan Masyarakat yang cukup signifikan yaitu 33,55.
Tidak tersedia versi lain