Text
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMK BINA INSAN BANGSA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA VIDEO
Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Pada Siswa Kelas XI rnSMK Bina Insan Bangsa Dengan Menggunakan Metode Think Talk Write (Ttw) rnBerbantuan Media Video. Berdasarkan hasil observasi yang telah peneliti lakukan rndi SMK Bina Insan Bangsa, dalam pembelajaran menulis teks cerpen masih rnmenggunkan metode ceramah (kovensional) dan media yang digunakan dalam rnproses pembelajaran adalah media papan tulis, power point, dan speaker. Sehingga rnsiswa menjadi kurang aktif dan cenderung lebih banyak menunggu informasi yang rndisampaikan oleh guru. Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis mengarahkan rnpada memproduksi dan menumbuhkan kreativitas menulis teks cerpen pada siswa rndengan menggunakan metode think talk write berbantuan media video. Penelitian rnini membahas penerapan metode think talk write dalam pembelajaran menulis teksrncerpen dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana skenario dan rnimplementasi pembelajaran menulis teks puisi pada siswa kelas XI SMK Bina Insan rnBangsa dengan menggunakan metode metode Think Talk Write (Ttw) Berbantuan rnMedia Video? 2) Bagaimana respon guru dan siswa kelas XI SMK Bina Insan rnBangsa terhadap pembelajaran menulis teks cerpen dengan menggunakan metodernThink Talk Write (Ttw) Berbantuan Media Video? 3) Kesulitan-kesuliatan apa yang rndialami siswa kelas XI SMK Bina Insan Bangsa dalam menyelesaikan tugas-tugas rnmenulis cerpen? Penelitian ini menggunakan metode deskripif kualitatif yang rnbertujuan untuk menggambarkan upaya yang telah dilakukan guru dalam rnmemperbaiki kualitas pembelajaran. Data-data diperoleh langsung dari guru Bahasa rnIndonesia dan siswa. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metodernthink talk write (ttw) memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami materi rnpelajaran dilihat dari hasil observasi, siswa mengalami peningkatan dari 3,6rnmenjadi 4,00 dengan keterangan sangat baik sekali. Kemudian berdasarkan hasil rnanalisis angket respon menyatakan hampir keseluruhan sangat setuju pembelajaran rnmenulis teks cerpen menggunakan metode think talk write (ttw) berbantuan media rnvideo sangat mudah dipelajari. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rnpenerapan metode think talk write (ttw) dalam pembelajaran menulis teks cerpen di rnSMK Bina Insan Bangsa Ngamprah sangat efektif untuk mencapai tujuan rnpembelajaran.
Tidak tersedia versi lain