Text
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY BERBASIS VIDEO TEATER PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 5 CIMAHI TAHUN AJARAN 2019/2020
gaan berbasis video teater pada siswa kelas VIII SMPN 5 Cimahi tahun Ajaran 2019/2020â€. Teks Drama merupakan teks yang dipelajari pada siswa kelas X disemester genap. Penelitian terkait pembelajaran menulis teks drama Melalui Metode Inquiry dengan Berbasis Video Teater yang bertujuan untuk (1) penerapan pembelajaran menulis teks puisi melalui metode inquiry berbasis media video teater; (2) respon siswa dan guru terhadap pembelajaran teks drama melalui metode inquiry berbasis media video teater; (3) kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa SMPN 5 Cimahi kelas VIII E dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks drama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian kelas VIII E SMPN 5 Cimahi. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes berupa menulis teks drama, sedangkan teknik non tes berupa lembar observasi, angket, dan dokumentasi foto. Dari analisis hasil dapat disimpulkan (1) penerapan pembelajaran menulis teks drama dengan metode Inquiry berbasis media video teater berpengaruh baik bagi siswa karena siswa dapat mengikuti pembelajaran secara individu maupun berkelompok, dan siswa lebih aktif. Hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai menulis dengan rata-rata yaitu 8,1; (2) respon guru dan siswa dalam pembelajaran menulis teks drama berbasis video teater. Siswa setuju bahwa menggunakan media video teater membuat kegiatan menulis teks drama menjadi lebih mudah dan suasana belajar menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, guru pun berpendapat sama yakni setuju bahwa metode inquiry berbasis video teater jika diterapkan dalam kegiatan menulis teks drama berpengaruh terhadap proses pembelajaran siswa yang dapat membuat siswa mampu menuangkan ide dan gagasan ke dalam sebuah cerita atau teks. Serta dapat membuat siswa lebih kreatif dan antusias dalam belajar. Pembelajaran menulis teks drama lebih menyenangkan dan kenaikan hasil belajar siswa yang cukup tinggi; (3) kesulitan yang dialami siswa dalam melaksanakan kegiatan menulis teks drama yaitu dalam hasil tulisan seperti tulisan yang kurang rapi dan banyak penempatan tanda baca yang kurang tepat terutama dalam dialog, sehingga tidak ada penegasan atau jeda dalam kalimat.
Tidak tersedia versi lain