Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS RESENSI PADA SISWA SMAN 2 PADALARANG KELAS XI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOLABORATIF BERBANTUAN MEDIA VISUAL
Iqbal, M, R. 2020: “Pembelajaran Menulis Teks Resensi Pada Siswa SMAN 2 rnPadalarang Kelas XI Dengan Menggunakan Metode Kolaboratif Berbantuan rnMedia Visual Tahun Ajaran 2019/2020â€. Teks resensi merupakan teks yang rndipelajari pada siswa kelas XI disemester genap. Penelitian terkait pembelajaran rnmenulis teks resensi melalui metode kolaboratif berbantuan visual yang bertujuan rnuntuk (1) pembelajaran menulis teks resensi melalui metode kolaboratif rnberbantuan media visual; (2) respon siswa dan guru terhadap pembelajaran teks rnresensi melalui metode kolaboratif berbantuan media visual; (3) kesulitankesulitan yang dialami oleh siswa SMA Negeri 2 Padalarang kelas XI MIPA 2 rndalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks resensi. Penelitian ini rnmenggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian kelas XI MIPA rn2SMA Negeri 2 Padalarang. Dalam pengumpulan data penelitian ini rnmenggunakan teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes berupa menulis teks rnresensi, sedangkan teknik non tes berupa lembar observasi, angket, dan rndokumentasi foto. Dari analisis hasil dapat disimpulkan (1) penerapan rnpembelajaran teks resensi melalui metode kolaboratif berbantuan media visualrnberpengaruh baik bagi siswa karena siswa dapat mengikuti pembelajaran secara rnindividu maupun berkelompok, dan siswa lebih aktif. Hal tersebut dapat rndibuktikan dari nilai menulis dengan rata-rata yaitu 86; (2) respon guru dan siswa rndalam pembelajaran menulis teks resensi metode kolaboratif berbantuan media rnvisual. Siswa setuju bahwa menggunakan media visual membuat kegiatan menulis rnteks resensi menjadi lebih mudah dan suasana belajar menjadi lebih rnmenyenangkan. Selain itu, guru pun berpendapat sama yakni setuju bahwa metode rnkolaboratif berbantuan media visual jika diterapkan dalam kegiatan menulis teks rnresensi berpengaruh terhadap proses pembelajaran siswa dapat menuangkan idernatau gagasan dalam bentuk tulisan dan pembelajaran menulis teks resensi lebih rnmenyenangkan dan kenaikan hasil belajar siswa yang cukup baik; (3) kesulitan rnyang dialami siswa dalam melaksanakan kegiatan menulis teks resensi yaitu soal rnketerampilan pada aspek penggunaan kaidah kebahasaan, pemilihan diksi, rnpenggunaan paragraf yang benar, tanda baca dan beberapa diantaranya dalam rnpenggunaan huruf kapital, dan ungkapan yang kurang efektif pada teks resensi.rnKata Kunci: menulis, resensi, kolaboratif, visualrn
Tidak tersedia versi lain