Skripsi
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWASMP DENGAN METODE MIND MAPPINGÂ
Dilihat dari nilai belajar siswa, prestasi matematika siswa di Indonesia masihrnrendah. Salah satu penyebabnya adalah daya paham siswa yang masih rendah.rnMind Mapping adalah suatu teknik mencatat yang menonjolkan sisi kreatifitasrnsehingga efektif dalam memetakan pikiran.. Tujuan dari penelitian ini adalahrnmenelaah 1. Pencapaian kemampuan komunikasi matematik siswa SMP yangrnmenggunakan metode mind mapping dibandingkan dengan siswa yangrnmemperoleh pembelajaran biasa dan 2. Peningkatan kemampuan komunikasirnmatematik siswa SMP yang menggunakan metode mind mapping dibandingkanrndengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakanrnpenelitian eksperimen dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol danrnkelas eksperimen. Adapun populasi dari penelitian ini adalah salah satu SMP dirnkabupaten Bandung Timur diambil 2 kelas secara acak dari 11 kelas . Instrumenrnyang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan komunikasi matematikrnsiswa berupa tes uraian. Pengujian Hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSSrn16, berdasarkan pengolaan data dan hasil penelitian, diperoleh hasil sebagairnberikut: “1. Pencapaian kemampuan komunikasi matematik siswa SMP yangrnmenggunakan metode mind mapping lebih baik dari pada siswa yangrnmemperoleh pembelajaran biasa dan 2. Peningkatan kemampuan komunikasirnmatematik siswa SMP yang menggunakan metode mind mapping lebih baik darirnpada siswa yang memperoleh pembelajaran biasaâ€.rnrnÂ
Tidak tersedia versi lain