Tesis
Meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik serta kemandirian belajar siswa SMP melalui pendekatan kontekstual
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik serta kemandirian belajar siswa SMP yang masih kurang, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut diperlukan alternatif pembelajaran yang efektif dan menguatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik serta kemandirian belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik serta kemandirian belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kontesktual. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes uraian. Berdasarkan analisis pada keseluruhan tahap penelitian dapat menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik serta kemandirian belajar siswa yang menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik daripada yang menggunakan pendekatan kontekstual. Pelaksanaan pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan menggunakan pendekatan kontekstuald an siswa merespon positif terhadap pendekatan kontekstual. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran matematika menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik serta kemandirian belajar siswa SMP.
Tidak tersedia versi lain