Prosiding
Sistem Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP di Kota Cimahi (Studi Pendahuluan dari Penelitian Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia)
Penilaian merupakan salah satu aspek penting dalam setiap pembelajaran. Sistem penilaian yang diamanahkan dalam kurikulum harus mencakup penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui sistem penilaian yang selama ini dilakukan oleh para guru Bahasa Indonesia tingkat SMP yang berlokasi di Kota Cimahi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode survey dengan teknik pengambilan data berupa penyebaran angket, wawancara dan observasi. Hasil yang diperoleh diketahui bahwa para guru di Kota Cimahi dalam melakukan evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia belum sepenuhnya mencakup ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Berdasarkan data yang diperoleh dari tiga sekolah, yang diteliti, para guru cenderung melakukan evaluasi pada bidang pengetahuan saja. Hal itu disebabkan beberapa faktor, diantaranya karena kurangnya pengetahuan guru terhadap berbagai jenis dan teknik evaluasi serta keterbatasan waktu dalam menyiapkan isntrumen evaluasi dan mengolah hasil evaluasi.
Tidak tersedia versi lain