Skripsi
Pembelajaran membaca teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan metode know what to know learned (KWL) pada siswa kelas XI SMK Negeri 11 Bandung tahun ajaran 2016/2017
Membaca merupakan bagian yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sebagaimana diketahui bahwa sebagian besar pengetahuan dituangkan dalam bahasa tulis sehingga menuntut siswa untuk dapat memahami isi suatu bacaan. Jadi jelas kedudukan pelajaran membaca sangatlah penting dalam pendidikan dan pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa saat belajar, untuk mengetahui kemampuan membaca siswa dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode quasi experimental research menggunakan kelompok tunggal. Sedangkan metode yang digunakan pada saat pelajaran membaca teks eksplanasi kompleks yaitu metode Know Want to Know Learned (KWL). Berdasarkan hasil dari lembar observasi maka pengaplikasian metode ini berjalan dengan sangat baik dengan partisipasi siswa yang cukup tinggi. Dengan tes pula menunjnukkan adanya perbebendaan antara hasil pre test dan post test. Jadi dapat disimpulkan bahwa pelajaran membaca menggunakan metode KWL dapat membuat kegiatan belajar menjadi lebih baik dan hasil belajarpun meningkat.
Tidak tersedia versi lain