Prosiding
Prosiding : Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dan implikasinya terhadap peran guru
Tujuan dari penelitian naratif ini adalah untuk eksplorasi secara mendalam tentang makna yang diberikan guru pada pengalaman mereka sebagai pendidik dalam kaitannya dengan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dan implikasinya terhadap peran guru. Penelitian ini menggunakan metode studi naratif karena mengeksplorasi persepsi dan pengalaman responden .Aspek yang dieksplorasi berkaitan dengan pemahaman, pandangan, dan refleksirnresponden. Struktur studi naratif yang digunakan dalam penelitian ini difokuskan pada tema tentang pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dan implikasinya terhadap kompetensi guru yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial serta bagaimana langkah-langkah yang dilakukan oleh guru sebagai antisipasi terhadap pengaruh negatif dari perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan.rnDari hasil wawancara dengan responden, dapat ditarik kesimpulan bahwa para responden yang adalah guru dari berbagai jenjang pendidikan sepakat bahwa teknologi dalam pendidikan dapat dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran sehingga tercapai hasil yangrndiingingkan. Implementasi teknologi dalam pendidikan di Indonesia adalah teknologi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, alat administratif, dan sumber belajar.
Tidak tersedia versi lain