Skripsi
PEMBELAJARAN DARING PEMAHAMAN MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IV SD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WHATSAPP GROUP
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana skenario dan implementasi, responrnguru dan respon siswa, kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal, danrnkendala penelitian terhadap pembelajaran daring pemahaman materi luas dan kelilingrnbangun datar dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuanrnWhatsApp Group. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Adapun prosedurrnpengolahan data berupa penyeleksian data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.rnKemudian instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes, angket, wawancara, danrnobservasi. Hasil penelitian yaitu 1) skenario dan implementasi pembelajaran terlaksanarndengan baik, terdapat peningkatan kemampuan pemahaman yang menyebabkanrnpeningkatan hasil belajar siswa, 2) respon guru sangat baik dan respon siswa baik, 3)rnkesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal yakni penjelasan guru terkadangrnbelum bisa dipahami, sulit menghafal rumus luas dan keliling bangun datar, belumrnmampu menguasai operasi hitung perkalian, sulit menjawab soal dengan indikatorrnmengaplikasikan konsep materi luas persegi panjang, terkadang kurang teliti, sulitrnmenjawab soal dengan indikator mengembangkan konsep materi keliling persegi, danrntidak lancar menggunakan smartphone, dan 4) ditemukan kendala penelitian terkaitrnsinyal internet, kuota, bimbingan orang tua, dan keterbatasan perangkat smartphone.rnSehingga terbukti pembelajaran daring pemahaman materi luas dan keliling bangun datarrnpada siswa kelas IV SD dengan menggunakan model Problem Based Learningrnberbantuan WhatsApp Group terlaksana dengan baik.
Tidak tersedia versi lain