Skripsi
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PENGENALAN BERAT – RINGAN SUATU BENDA MENGGUNAKAN NERACA TIMBANGAN SEDERHANA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Kelompok A TK Plus Pertiwi Cibalong Garut)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran pengenalan berat ringan suatu benda dengan menggunakan neraca timbangan sederhana dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di kelompok A dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dan gambaran implementasi kinerja anak dalam pengenalan berat ringan suatu benda menggunakan neraca timbangan sederhana serta faktor pendukung dan penghambat dalam pengenalan berat ringan suatu benda di kelompok A TK Plus Pertiwi. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen. Berdasarkan banyak desain dalam penelitian eksperimenrnmaka peneliti ingin menggunakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk melihat pengaruh terhadap pembelajaran dikelas dengan cara memberikanrnperlakuan-perlakuan tertentu pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Peneliti mengambil sampel sebanyak 16 anak yaiturnkelas eksperimen 8 (delapan) anak dan kelas kontrol 8 (delapan) anak. Hasil penelitian dapat disimpulkan kelas eksperimen dalam kategori BerkembangrnSesuai Harapan (BSH). Sementara itu, kelas kontrol 70% berada dalam kategori Mulai Berkembang (MB), dan 30% Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Anakrnusia dini dalam perkembangan membedakan konsep berat ringan berada pada tahapan praoprasional dimana pada tahap ini anak mulai menunjukan prosesrnberpikir yang sudah jelas. Faktor pendukung keberhasilan dalam pelaksanaan pembelajaran sains diantaranya adanya dukungan dari pihak sekolah, adanyarnkemampuan dan pengetahuan yang baik dari para guru dan partisipasi atau sikap antusias anak sedangkan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran sains yaiturnfaktor keterbatasan dana, waktu dan keterbatasan sarana dan prasarana.
Tidak tersedia versi lain