Skripsi
PENERAPAN PERMAINAN SAINS SEDERHANA ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK A UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan berpikir logis menggunakan penerapan metode permainan sains pada anak dibandingkan metode pembelajaran biasa, gambaran implementasi penerapan metode permainan sains, faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan metode permainan sains pada kelompok A Kober Asy–Syifa Kecamatan Talegong Kabupaten Garut. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen. Berdasarkan banyak desain dalam penelitian eksperimen maka peneliti ingin menggunakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk melihat pengaruhrnterhadap pembelajaran dikelas dengan cara memberikan perlakuan-perlakuan tertentu pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol tidak diberikanrnperlakuan. Peneliti mengambil sampel anak kelompok A sebanyak 15 anak dengan anak laki – laki 7 orang dan anak perempuan 8 orang. Hasil penelitianrnpembelajaran sains peningkatan pada kelas eksperimen yang menggunakan metode menanam kacang sedikit lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasilrnpenelitian terhadap anak pada kedua kelas menunjukkan bahwa kelas eksperimen 100% dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Sementara itu, kelasrnkontrol 30% berada dalam kategori Mulai Berkembang (MB), dan 70% Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Faktor pendukung keberhasilan dalamrnpelaksanaan pembelajaran sains diantaranya adanya dukungan dari pihak sekolah, adanya kemampuan dan pengetahuan yang baik dari para guru dan partisipasi ataurnsikap antusias anak sedangkan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran sains yaitu faktor keterbatasan dana, waktu dan keterbatasan sarana dan prasarana.
Tidak tersedia versi lain