Skripsi
ANALISIS KEKELIRUAN SISWA SMK NEGERI DI KOTA CIMAHI DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI TRANSFORMASI BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN
Penelitian ini di latarbelakangi oleh kesulitan yang dialami siswa SMK Negeri di Kota Cimahi dalam menyelesaikan soal geometri transformasi berdasarkan prosedur newman. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis-jenis kekeliruan siswa dan faktor-faktor penyebab kekeliruan siswa kelas XI SMK Negeri di Kota Cimahi dalam menyelesaikan soal-soal geometri transformasi. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes tertulis dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMK Negeri di Kota Cimahi yang berjumlah 172 siswa. Hasil penelitian menunjukkan persentase kekeliruan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika terkait materi geometri transformasi berdasarkan prosedur Newman adalah: (a) persentase kekeliruan membaca yang dilakukan siswa sebesar 23 %, (b) persentase kekeliruan memahami konsep sebesar 55 %, (c) persentase kekeliruan transformasi sebesar 86 %, (d) persentase kekeliruan keterampilan proses sebesar 96 %, dan (e) persentase kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 98 %. Persentase kesalahan total siswa adalah 60 %. Faktor-faktor penyebab kekeliruan siswa adalah (a) tidak lancar membaca soal serta kurangnya pengetahuan tentang simbol-simbol yang terdapat dalam soal-soal matematika, (b) tidak memiliki kemampuan menuliskan hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan dalam soal dengan benar, (c) tidak menguasai materi geometri transformasi, (d) kurang berlatih mengerjakan soal-soal latihan terkait materi geometri transformasi, (e) asal-asalan mengerjakan soal, (f) tidak menyukai pelajaran matematika, (g) tidak paham dengan metode penyelesaian yang digunakan dengan benar, (h) tidak paham dengan rumus yang seharusnya digunakan, (i) terburu-buru dalam mengerjakan proses penyelesaian.
Tidak tersedia versi lain