Skripsi
PEMBELAJARAN MATERI LINGKARAN PADA SISWA SMP KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN SETTING MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) implementasi pembelajaran materi lingkaran pada siswa SMP kelas VIII dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe STAD; 2) respon guru dan siswa SMP kelas VIII terhadap pembelajaran materi lingkaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe STAD; dan 3) kesulitan – kesulitan yang dihadapi siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal – soal materi lingkaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran pada materi Lingkaran menggunakan pendekatan saintifik dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Cililin yang berjumlah 18 orang siswa laki – laki dan 10 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang terdiri dari lima soal uraian dengan tingkat taksonomi bloom yang berbeda, angket, serta lembar observasi. Adapun perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu RPP dan LKS yang divalidasi terlebih dahulu oleh validator agar layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe STAD berjalan dengan baik, yang ditunjukan dari adanya peningkatan hasil observasi guru dan siswa dalam setiap pertemuan. Respon yang diberikan guru dan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe STAD memperoleh respon positif, yang menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan setting model pembelajaran koopertif tipe STAD dapat meciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa, sehingga dapat membantu guru dalam mengefektifkan keberhasilan dalam pembelajaran. Kesulitan – kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal – soal materi lingkaran yaitu siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal pada tahap kognitif taksonomi bloom analisis (C4) dengan indikator soal menentukan hubungan sudut pusat dan sudut keliling.
Tidak tersedia versi lain