Skripsi
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SERTA DISPOSISI MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION UNTUK SISWA SMP
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kemampuan penalaran matematis serta disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan realistic mathematic education dan yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan problem based learning. Selain itu dikaji pula implementasi pendekatan realistic mathematic education dan kesulitan-kesulitan siswa dalam mengerjakan soal-soal kemampuan penalaran matematis. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan pretes dan postes dikelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII di satu SMP Negeri di Kabupaten Bandung Barat, sedangkan sampelnya adalah kelas VII-J kelas yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan realistic mathematic education dan VII-I sebagai kelas yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan problem based learning. Instrumen yang digunakan meliputi instrumen tes berupa soal kemampuan penalaran matematis sebanyak 5 soal uraian dan instrumen non-tes berupa skala disposisi matematis sebanyak 30 pernyataan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pencapaian dan peningkatan kemampuan penalaran matematis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan realistic mathematic education lebih baik dari yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem based learning. Secara umum, implementasi pembelajaran menggunakan pendekatan realistic mathematic education berjalan dengan baik. Pada kelas yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan realistic mathematic education ini siswa mampu menyelesaikan setiap indikator soal dengan baik dalam artian tidak banyak yang menemukan kesulitan. Sedangkan pada kelas yang memperoleh pembelajaran dengan problem based learning siswa menemukan kesulitan dalam menyelesaikan soal kemampuan penalaran matematis terdapat pada indikator Penarikan kesimpulan berdasarkan keserupaan data atau proses dan Menggunakan pola dan hubungan untuk menganalisis situasi matematis.
Tidak tersedia versi lain