PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP PADA MATERI STATISKA DALAM MASA PANDEMI COVID-19
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami guru dan siswa saat pembelajaran daring, mengetahui masukan-masukan yang diberikan siswa agar pembelajaran daring dapat berjalan lebih efektif serta melakukan perbaikan bahan ajar materi statistika untuk pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMP 8 Negeri Cimahi dan SMP 9 Negeri Cimahi tahun pelajaran 2019-2020 yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari masing-masing 12 siswa (4 siswa berkemampuan tinggi, 4 siswa berkemampuan sedang, dan 4 siswa berkemampuan rendah). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan angket. Instrumen penelitian pada penelitian ini menggunakan wawancara dan angket yang diberikan kepada siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan analisis data yang dieproleh dari angket penilaian validator dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan-kesulitan yang dialami saat pembelajaran daring dikategorikan ke dalam beberapa indikator yaitu: 1) Kendala teknis pada jaringan internet dan data internet, 2) Pemahaman pada materi, 3) Alat atau penunjang pembelajaran, 4) Gangguan lainnya. Kemudian, masukan-masukan yang diberikan siswa dalam penelitian ini agar pembelajaran daring dapat berjalan lebih efektif meliputi : a) Guru sebaiknya menyediakan bahan ajar yang lebih menarik sehingga siswa tidak cepat merasa bosan; b) Sebaiknya guru memberikan panduan yang jelas terhadap materi yang diajarkan; c) kepada Pemerintah sebaiknya menyediakan fasilitas kepada sekolah seperti data internet secara gratis. Dilihat dari kesulitan-kesulitan dan masukanmasukan saat pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 serta hasil wawancara guru peneliti melakukan perbaikan bahan ajar berupa handout statistika dengan menggunakan aspek berdasarkan kualitas produk kevalidan dan kepraktisan. Hasil perbaikan bahan ajar yang dilakukan oleh peneliti dinyatakan valid dan dapat siswa merasa tertarik dalam menggunkan bahan ajar handout statistika karena dapat membantu siswa dalam memahami materi statistika.
Tidak tersedia versi lain