Skripsi
PEMBELAJARAN MATERI PERBANDINGAN PADA SISWA KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran materi perbandingan dengan menggunakan pendekatan Problem solving, respon siswa terhadap pembelajaran materi perbandingan dengan menggunakan pendekatan Problem solving, respon siswa SMP kelas VII terhadap pembelajaran materi perbandingan dengan menggunakan pendekatan Problem solving dan Kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan soal-soal pada materi perbandingan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini melibatkan salah satu kelas yaitu kelas VII disalah satu SMP di Kabupaten Bandung Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket respon siswa dan Lembar Kerja Siswa. Angket respon siswa digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Lembar kerja siswa digunakan untuk mengetahui pengimplementasian dalam pembelajaran dan kesulitan yang dialami siswa. Berdasarkan penelitian dan hasil analisis data didapatkan bahwa sekenario dan implementasi pembelajaran materi perbandingan dengan menggunakan pendekatan Problem Solving dapa meningkatkan antusias siswa dalam pembelajaran serta meningkatkan rasa percaya diri siswa. Respon siswa SMP kelas VII dalam pembelajaran materi perbandingan adalah sebagian besar respomn siswa positif dengan rata-rata respon siswa pada pertemuab pertama sebesar 54,2%, pertemuan kedua sebesar 63,8%, pertemuan ketiga sebesar 65,1%, pertemuan keempat 68%, pertemuan kelima 70,5%, pertemuan keenam sebesar 71,2 %. Kesulitan-kesulitan siswa bervariasi pada setiap butir soalnya, yaitu kesulitan siswa dalam memahami konsep, kesulitan dalam menerapkan cara penyelesaian masalah, siswa kesulitan dalam mencari niali satuan, sulit dalam mengoperasikan angka sehingga menyebabkan kesalahan pada hasil akhir walaupun strategi yang digunakan telah sesuai, serta tidak bisa memahami apa yang ditanyakan pada soal.
Tidak tersedia versi lain