Skripsi
PEMBELAJARAN MATERI ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah skenario dan implemantasi pembelajaran materi aritmatika sosial pada siswa SMP kelas VII dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning, respon guru dan siswa terhadap pembelajaran materi aritmatika sosial menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning, serta kesulitan-kesulitan yang dialami siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan tugas-tugas pada materi aritmatika sosial. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan desain deskriptif yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari subjek penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Kelas VII di Kabupaten Bandung Barat, sedangkan sampelnya ditentukan secara purposif dan terpilih kelas VII-E SMP Mahardika sebanyak 34 siswa. Data penelitian diperoleh dari instrumen tes dan non tes yang pengolahannya dilakukan secara deskriptif. Instrumen tes terdiri dari 5 soal dengan 5 indikator kemampuan yang dianalisis kesulitannya berdasarkan pencapaian persentase. Instrumen non tes terdiri dari lembar observasi untuk mengetahui ketercapaian peneliti dalam menyampaikan karakteristik pendekatan pembelajaran, angket terbuka sebanyak 5 pertanyaan dan angket tertutup sebanyak 30 pernyataan untuk mengetahui respon siswa dan guru atas pendekatan pembelajaran yang disampaikan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran materi aritmatika sosial dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning berjalan sesuai dengan skenario pembelajaran. Secara umum respon siswa terhadap pendekatan Contextual Teaching and Learning berimbang antara respon positif dengan respon negatifnya, sedangkan respon guru sangat positif terhadap pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam penyampaian materi aritmatika sosial. Kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan tugas aritmatika sosial terdapat pada indikator menemukan penyebab keuntungan dan kerugian dari total perhitungan harga pembelian dan harga penjualan dengan ranah C4 pada level kemampuan sedang dan rendah, menentukan harga penjualan dengan syarat persentase tertentu dengan ranah C3 pada level kemampuan sedang dan rendah, membandingkan harga penjualan dari jenis diskon yang berbeda dengan ranah C5 pada level kemampuan rendah, menganalisis harga penjualan, harga pembelian dari bruto, neto, dan tara dengan ranah C4 pada level kemampuan sedang dan rendah, dan membandingkan harga pembelian menggunkan bruto, neto, dan tara dengan ranah C5 pada level kemampuan tinggi, sedang, dan rendah.
Tidak tersedia versi lain