Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI PADA SISWA SMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah dalam pembelajaran menulis yang terjadi si SMA Negeri 2 Padalarang, terutama dalam menulis teks puisi. Hal ini terjadi dikarenakan kurang tepatnya metode pembelajaran yang digunakan dan guru masih menggunakan metode ceramah, untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukanlah metode pembelajaran yang dapat memudahkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran menulis teks puisi. Oleh karena itu, metode pembelajaran yang digunakan adalah metode discovery learning berbantuan media video. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpsikan skenario dan implementasi pembelajaran, mengetahui respons guru dan peserta didik terhadap pembelajaran menulis teks puisi, serta mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialamai oleh peserta didik pada saat pembelajaran menulis teks puisi. Metode yang di digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan instrumen penelitian berupa RPP, lembar observasi, lembar angket serta lembar tes pengetahuan dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukan bahwa skenario pembelajaran dimulai dengan kegiatan awa, kegiatan inti pembelajran dengan pemberian materi dan kegiatan akhir berjalan dengan sangat baik. Implementasi pembelajran baik guru maupun peserta didik untuk lembar observasi guru termasuk kategori sangat baik dengan presentase 96,5% dan lembar observasi peserta didik termsuk kategori sangat baik dengan presentase 91%. Selanjutnya, guru memberikan respons dengan persentase 93,3% termasuk kategori sangat baik sedangkan respons peserta didik dengan presentase 77,2% termasuk kategori baik pada pembelajran menulis teks puisi dengan menggunakan metode pembelajaran discovery learning berbantuan media video. Selanjutnya, kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan teks puisi yaitu menentukan unsur pembangun puisi, menentukan judul, majas, dan citraan.
Tidak tersedia versi lain