Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS ANIMASI MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS VIII F DI SMP NEGERI 5 CIMAHI TAHUN AJARAN 2019/2020
Teks eksplanasi merupakan teks yang baru ada dalam kurikulum 2013 yang berisikan informasi yang ilmiah atau fakta, hal tersebut membuat siswa masih kesulitan dalam menentukan gagasan atau topik serta mengembangkan gagasan tersebut dalam suatu tulisan. Paradigma pendidikan di Indonesia menuntut kesiapan semua pihak, terutama pendidik. Sehingga sudah seharusnya guru mempunyai strategi/metode pembelajaran yang tepat agar proses pembelajaran di kelas lebih efektif dan menarik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukanlah sebuah penelitian pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan pendekatan kontestual berbasis animasi multimedia. Pendekatan kontesktual itu sendiri memiliki 7 prinsip yang membangun daya pikir siswa agar lebih kritis, dengan bantuan animasi multimedia dapat membantu siswa menemukan informasi baru dan proses pembelajaran lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan pendekatan kontekstual berbasis animasi multimedia; (2) respon siswa dan guru terhadap pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis animasi multimedia; (3) kesulitan-kesulitan yang dialami siswa SMPN 5 Cimahi kelas VIII F dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks eksplanasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII F SMPN 5 Cimahi tahun ajaran 2019/2020. Dalam pengumpulan data digunakan teknik tes dan non tes, teknik tes berupa hasil menulis teks eksplanasi, sedangkan teknik non tes berupa lembar observasi , angket, dan dokumentasi foto. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan (1) skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis animasi multimedia yaitu berpengaruh baik, siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan kerja tim, berpartisipasi aktif, serta pemikiran siswa menjadi lebih kritis. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai menulis rata-rata siswa sebesar 79,9; (2) respon guru dan siswa dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis animasi multimedia yakni baik. Siswa setuju bahwa adanya bantuan animasi membuat kegiatan menulis teks eksplanasi menjadi lebih mudah dan suasana belajar menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, guru pun berpendapat sama yakni setuju bahwa pendekatan kontekstual berbasis animasi multimedia jika diterapkan dalam kegiatan menulis teks eksplanasi berpengaruh dalam proses pembelajaran yang menjadi lebih kondusif, aktif, efektif dan kenaikan hasil belajar siswa yang cukup tinggi; (3) kesulitan yang dialami siswa dalam melaksanakan kegiatan menulis teks eksplanasi yaitu ketika menempatkan kaidah kebahasaan khususnya pada konjungsi kronologis dan juga kata teknis.
Tidak tersedia versi lain