Skripsi
PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK DENGAN TEKNIK KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI DI KELAS XI SMPN 2 RANCABALI KABUPATEN BANDUNG TAHUN AJARAN 2018-2019
Pembelajaran menulis cerpen dengan teknik kooperatif tipe investigasi bertujuan mengatasi masalah siswa yang kesulitan dalam menulis cerpen dan untuk mengetahui perbedaan nilai antara hasil pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 2 Rancabali tahun ajaran 2018/2019 Kabupaten Bandung dengan sampel berjumlah 86 orang. Sampel dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas IX C yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX A yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan pengolahan data serta pembahasan hasil penelitian yaitu analisis perbandingan hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui tes awal dan tes akhir. Setelah menerapkan metode kooperatif tipe investigasi diperoleh hasil Uji t, yaitu T hitung kelas eksperimen -5,882 > T tabel -2,064 sedangkan T hitung kelas kontrol -4,231 > T tabel 2,064 maka dari kedua kelas tersebut hasil H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan begitu terdapat perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir. Terbukti dengan perlakuan model kooperatif tipe investigasi adanya peningkatan rata-rata sebesar 31 dari nilai awal yaitu 51 menjadi 82, maka dari itu model yang digunakan peneliti berhasil. Model kooperatif tipe investigasi adalah salah satu alternatif model pembelajaran menulis, khususnya untuk menulis cerpen. Model ini meningkatkan hasil proses belajar mengajar, meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen, mengatasi kesulitan siswa dalam pengembangan ide, menjadi sebuah tulisan yang baik, menjadikan siswa lebih aktif dalam berpendapat dan lebih percaya diri.
Tidak tersedia versi lain